Sabtu, 14 Juli 2018

Cegah Diare Dengan Mencuci Tangan Setiap Saat


Sekalipun terlihat sepele, kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah seseorang terserang penyakit. Bahkan, penyakit yang semula dianggap ringan tersebut, malah dapat mencabut nyawa. Ya, mencuci tangan bukan hal kecil seperti yang kelihatannya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 2,2 juta orang di dunia meninggal dunia pertahunnya akibat penyakit diare. Se­bagian korban adalah anak-anak dan mereka berasal dari masya­rakat kalangan menengah ke bawah.

cegah diare dengan cuci tangan

Salah satu cara yang dapat membantu, menurunkan risiko ter­kena diare adalah membiasakan mencuci tangan, baik pada anak­-anak maupun orang dewasa. Sebuah tim peneliti dari Cochrane, melakukan riset untuk mem­buktikannya. Hasil temuan terbaru ini dilakukan secara random pada 14 tempat, yaitu di delapan klinik dan sekolah di negara maju, lima di negara dengan komunitas kelas menengah dan bawah dan satu di kelompok orang dewasa berisiko tinggi terkena virus HIV di Amerika Serikat.

Hasilnya, mencuci tangan bisa menurunkan risiko terkena diare sebesar 29 persen pada klinik di negara maju dan 31 persen di negara dengan komunitas kelas menengah dan bawah. "Ini menunjukkan manfaat yang sangat besar, terutama bagi masyarakat yang tinggal di lokasi kumuh yang sulit mendapatkan air bersih," kata ketua peneliti Dr Regina Ejemot.

Namun yang menjadi pertanyaan, sudahkan orang dewasa mem­biasakan diri mencuci tangannya sebelum melakukan aktivitas lain, khususnya makan dan minum. Dan seberapa banyak orang tua yang sudah membiasakan anak-anaknya mencuci tangan sebelum makan dan tidur?


EmoticonEmoticon